Pepaya California

Pepaya nama latinnya “Carica Papaya”, orang Autralia menyebutnya “Paw Paw”, Orang Indonesia mengenalnya dengan nama “PEPAYA”, orang Sunda bilang “Gedang”, tapi orang jawa menyebutnya “Kates”.

Tanaman buah tropis ini berasal dari Mexico Selatan, lalu dikembangkan dan dibudidayakan secara luas di Amerika Selatan, Afrika Utara, Hawall, India, Srilangka, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Gambar di atas merupakan hamparan deplot Kebun Pepaya Varietas California milik PT. ASF/Agro ASF yang beralamatkan di Komplek BTN Ciheuleut Indah Jl. Kinanti B5/71 Subang Jawa Barat, Indonesia. Pohon-pohon ini dihasilkan dari benih pepaya varietas unggul dan bersertifikat, adapun lokasi-lokasi untuk penanamannya yaitu di daerah Belendung, Purwadadi, Tanjung Jaya Cikaum, Cibarola dan Kalijati Subang.

Direktur PT. ASF/Agro ASF Hj. Nanie adalah wanita/ibu energik yang merupakan satu-satunya wanita di Subang yang membudidayakan Pepaya Varietas California mulai dari menyediakan benih sampai kepenanamannya semuanya dibawah team yang solid dan expert dalam mengembangkan varietas pepaya ini. Lokasi pembenihannya berlokasi di daerah Jalancagak Subang.

Varietas Pepaya ini sedang digandrungi oleh para petani karena menjanjikan keuntungan dahsyat karena pepaya ini memiliki sifat dan keunggulan tersendiri, selain pohonnya antique kerdil, tinggi pohon hanya 1 ½ – 2 meter saja tetapi buahnya bisa mencapai 20 – 60 buah, buahnya tidak berbau burung, dengan rasa manis, kulitnya hijau mulus, bobot buahnya hanya mencapai 9 – 1,8 ons. Dan satu hal lagi yang unik adalah diujung daunnya Berbendera.

Pepaya California dapat dipanen lebih awal, pada usia 3 bulan sudah berbunga dan panen pada usia 7  – 8  bulan dan usianya mencapai 4 tahun. Masa panen dapat dilakukan 1 – 2 kali dalam seminggu, asal kita memperhatikan rutinitas pemupukan setelah pohon besar (setiap 3 bulan sekali)

Pepaya ini akan tumbuh subur di lahan terbuka (full fotocintesis) dengan ketinggian di atas permukaan laut (DPL 300 – 500 m) dengan PH tanah antara 6 -7, dan suhu berkisar 25 – 30 0C. Di atas kriteria ini dapat juga tumbuh akan tetapi hasilnya tidak optimal dan rasa menjadi kurang manis dikarenakan mudah terserang penyakit karena kelembaban udara yang relatif tinggi.

Pemasaran Pepaya ini minoritas ke Pasar Tradisional dan mayoritas ke Supermarket-supermarket bahkan untuk komoditas export. Pepaya ini juga mengandung nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan (Vit A, C dan Vit B1, B2, kalsium fospor, zink, kalium, karbohidrat, protein, lemak, air abu dan serat) bahkan getah pepaya dapat digunakan untuk industri makanan, industri kosmetik dan farmasi,

Berdasarkan manfaat tersebut menjadikan pepaya sebagai salah satu komoditas yang potensial untuk dikembangkan yang berorientasi pada agrobisnis.(Satia Budi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s